Peta Desa Panyerangan
Perbaikan Mutu Tanah Kering Melalui Adopsi Inovasi Pupuk Bokashi
Meningkatkan Jiwa Kreativitas Tanpa Batas Melalui Inovasi Limbah Tusuk Sate
Teknologi Informasi, Sebuah Pengetahuan yang Aplikatif Bagi Anak Usia Sekolah Untuk Meningkatkan Jiwa Kompetitif

PUDING JALANG (Puding Jagung Pelangi):Inovasi Camilan Puding Jagung Sebagai Alternatif Pangan Fungsional Melalui Pemanfaatan Potensi Unggulan Desa




          Salah satu potensi Desa Panyirangan Kec. Pangarengan Kab. Sampang adalah jagung. Menurut data yang diperoleh dari Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Pangarengan, potensi unggulan dari daerah tersebut yaitu padi, jagung, ketela pohon, kacang tanah, kacang hijau, lombok kecil, tembakau, dan bandeng. Jagung dapat dimanfaatkan menjadi produk turunan yang bernilai gizi dan bernilai jual yang cukup tinggi.
          Puding jagung merupakan produk makanan yang memiliki nilai gizi yang cukup tinggi karena kita ketahui sendiri bahwa jagung mengandung karbohidrat, sehingga dapat dijadikan sebagai bahan makanan pokok. Dewasa ini, masyarakat lebih memilih makanan yang praktis namun tetap bergizi untuk dijadikan camilan. Oleh karena itu, kelompok KKN 79 UTM 2018 mencoba untuk mengolah jagung menjadi sebuah produk yang dapat menjadi sumber pendapatan warga sekitar yang dapat mengangkat potensi Desa Panyirangan sehingga potensi desa dapat termanfaatkan dengan maksimal dan masyarakat dapat meraup pundi-pundi rupiah dari hasil produk puding tersebut.
            Apa bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat puding jagung? Ya, bahan yang digunakan tidak sulit dicari, antara lain yaitu: jagung, santan, tepung hongkwe, susu, garam, gula, dan keju serta coklat untuk topiingnya. Bahan-bahan tersebut mudah ditemui di pasar atau toko-toko sekitar sehingga tidak perlu khawatir dalam mendapatkan bahan baku puding tersebut. Puding jagung memang merupakan produk yang sudah banyak ditemui di masyarakat luas, namun adanya inovasi yaitu puding jagung pelangi, maka hal ini dapat menjadi inovasi baru dalam produk camilan. Warna pelangi di puding jagung tersebut diperoleh dari tepung hongkwe yang terdiri dari beberapa warna. Keuntungan dari warna-warna pelangi pada puding yaitu menambah keunikan dan membuat puding jauh lebih menarik konsumen. hal ini menjadi satu nilai tambah yang dapat meningkatkan nilai jual produk.
            Program kerja Kelompok KKN 79 tentang pelatihan pembuatan puding jagung diharapkan dapat berjalan secara berkelanjutan. Oleh karena itu dilakukan kerjasama dengan ibu-ibu PKK Desa Panyirangan, jika usaha puding jagung tersebut berlanjut, maka akan dapat menunjang perekonomian desa.  
Previous
Next Post »
Thanks for your comment