Peta Desa Panyerangan
Perbaikan Mutu Tanah Kering Melalui Adopsi Inovasi Pupuk Bokashi
Meningkatkan Jiwa Kreativitas Tanpa Batas Melalui Inovasi Limbah Tusuk Sate
Teknologi Informasi, Sebuah Pengetahuan yang Aplikatif Bagi Anak Usia Sekolah Untuk Meningkatkan Jiwa Kompetitif

Teknologi Informasi, Sebuah Pengetahuan yang Aplikatif Bagi Anak Usia Sekolah Untuk Meningkatkan Jiwa Kompetitif


Teknologi Informasi? Pentingkah?



        Dewasa ini, teknologi merupakan salah satu bidang yang paling mendunia. Bagaimana tidak? Setiap hal selalu berkaitan dengan dunia digital. Mulai dari pendidikan, bisnis, hingga dunia politik. Oleh karena itu, memperkenalkan teknologi informasi bagi anak usia sekolah sangat dibutuhkan karena pengetahuan tersebut dibutuhkan dalam segala hal. Program kerja KKN 79 UTM 2018 membidik anak usia sekolah terutama anak SD karena di Desa Panyerangan untuk sekolah SD sederajat belum diperkenalkan teknologi informasi sama sekali.



          Antusiasme anak-anak dapat dilihat dari ketertarikan mereka untuk selalu menghadiri pelatihan IT setiap Hari Minggu yang diadakan di posko KKN 79. Materi yang diajarkan yaitu Microsoft Word. Peserta diajari bagaimana cara menjalankan komputer dan bagaimana cara mengoperasikan Ms. Word. Mengapa Microsoft Word? Karena aplikasi tersebut merupakan aplikasi dasar untuk menjalankan banyak pekerjaan. Maka dari itu perlu adanya pelatihan sehingga mereka dapat bersaing dengan anak usia SD di luar daerah tersebut yang pada umumnya telah mempelajari beberapa aplikasi Microsoft Office.



          Jiwa kompetitif layaknya dibangun sejak dini agar jika mereka naik ke jenjang yang lebih tinggi mereka dapat mengikuti dan menerima pelajaran tekonologi informasi dengan mudah. Setidaknya, kelompok KKN 79 berharap dengan adanya pelatihan rutinan mengenai teknologi informasi dapat membuat mereka lebih memiliki jiwa kompetitif sehingga dapat meningkatkan kapasitas pada diri mereka untuk bersaing dengan dunia luar. Dapat kita ketahui bahwa saat ini dunia telah dikuasai dengan dunia digital yang serba canggih. Untuk menerima modernisasi, digitalisasi, dan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) diperlukan keterampilan digital pada diri setiap orang. Maka dari itu pelatihan IT dapat menjadi salah satu langkah awal untuk siap berkompetisi secara sehat, dan hal ini dapat menjadikan anak-anak untuk memahami bahwa penggunaan teknologi informasi secara positif dapat dilakukan dengan berbagai hal yang bermanfaat.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment